Wednesday, April 6, 2011

10 Hal Sehat Dalam 10 Menit



Sibuk dan tak punya waktu seringkali dijadikan alasan banyak orang yang merasa kesulitan menjalani gaya hidup sehat. Padahal, Anda hanya butuh waktu 10 menit untuk menjaga kebugaran tubuh.

Banyak aktivitas menyehatkan yang dapat dilakukan dalam waktu 10 menit mulai dari pagi hingga malam hari. Sepuluh aktivitas yang dijalani dalam 10 menit ini bisa Anda praktekkan dirumah:

1. Berjalan-jalan
Jika tidak punya waktu 30-60 menit untuk berolahraga, bukan berarti Anda tidak bisa bikin tubuh bergerak. Sepuluh menit berjalan kaki tanpa berhenti sebelum bekerja, saat makan siang, atau di sepulang kerja bisa setara dengan 30 menit berolahraga.

2. Membuat sarapan sehat
Gunakan waktu Anda selama sepuluh menit untuk membuat sarapan menyehatkan. Telur orak arik yang dicampur jamur dan sayuran, seperti bayam bisa dibuat dalam waktu 10 menit. Atau, Anda juga bisa menambahkan buah (stroberi, pisang, melon atau kismis) dalam yogurt atau sereal favorit Anda.

3. Aktivitas sebelum tidur
Akhiri hari Anda beraktivitas selama 10 menit sebelum tidur. Anda bisa melakukan peregangan atau gerakan olahraga ringan di kamar. Agar tubuh makin bugar, usahakan untuk bisa tidur nyenyak selama 7-8 jam.

4. Bangun lebih awal
Jika tidur 10 menit tidur lebih awal, maka Anda bisa bangun 10 menit lebih awal. Bermeditasi dan melakukan yoga, atau berjalan kaki di taman rumah selama 10 menit setelah bangun tidur tentunya bisa membuat Anda makin bersemangat sepanjang hari.

5. Siapkan buah dan sayuran
Sebelum akhir pekan, Anda bisa mengumpulkan dan memotong semua buah-buahan dan sayuran dalam satu wadah tertutup. Masukkan dalam kulkas agar siap dikonsumsi setiap saat. Dengan begitu, saat Anda merasa lapar di rumah, Anda bisa langsung mengambil buah atau meramu sepiring salad dari sayuran yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Tak perlu memakan waktu 10 menit.

6. Yoga
Sediakan waktu sepuluh menit dalam sehari untuk bermeditasi, meregangkan dan ‘berhubungan’ kembali dengan tubuh Anda. Ini merupakan latihan ringan yang bebas dari keringat, dan bisa dilakukan di berbagai tempat, bahkan di tempat kerja.

7. Tertawa
Tertawa adalah aktivitas baik untuk pikiran dan jiwa, serta penurunan berat badan. Tertawa selama sepuluh menit dapat membakar hingga 50 kalori. ‘Curi’ waktu istirahat sepuluh menit untuk chatting dengan teman atau bahkan menonton video YouTube tentang bayi lucu, hewan atau komedian favorit Anda.
Jika ada yang bertanya, katakan pada mereka Anda sedang mengambil waktu rehat sejenak. Cara ini jauh lebih baik daripada istirahat merokok.

8. Baca label makanan
Saat berbelanja, tambahkan sepuluh menit ekstra membaca label makanan yang Anda beli. Rendah kalori, rendah lemak dan rendah sodium semua hal yang wajib kita tahu.
Label makanan bisa menjadi informasi penting agar Anda mengetahui fakta nutrisi. Serta komposisi makanan yang perlu dihindari, di antaranya kandungan gula dan lemak yang tinggi. Informasi ini bisa Anda baca di label makanan.

9. Membaca
Cari buku baru tentang kesehatan untuk dipelajari lebih lanjut tentang kebugaran, kesehatan wanita, metabolisme atau bahkan beberapa resep baru dari buku resep sehat. Anda akan belajar sesuatu yang baru, dan memberikan diri sendiri beberapa waktu ekstra untuk memenuhi kebutuhan Anda.

10. Membuat rencana makan
Gunakan papan tulis yang bisa dihapus, kalender atau goresan secarik kertas dan membuat rencana menu makanan selama seminggu. Termasuk sarapan, makan siang dan makan malam. Kemudian atur menu sarapan hingga makan malam agar bervariasi. Ini bisa mencegah Anda merasa bosan dengan menu makanan yang akan disantap.

source