Wednesday, April 13, 2011

Inilah Pastor Pertama Inggris Yang Menikah



Dalam ajaran Kristen, pendeta dilarang menikah. Namun, aturan itu tidak berlaku bagi Nicholas Holtam. Ia menjadi pendeta pertama di Inggris yang menikah. Bahkan Ratu Elizabeth hari ini menyetujui penunjukan Holtam sebagai uskup Salisbury.

Holtam bertugas sebagai pendeta di Gereja Santo Martin. Lelaki 56 tahun ini telah lebih dari tiga dekade menikahi Helen, janda yang pernah menikah saat usia muda. Mantan suaminya pun masih hidup.

Ayah empat anak yang sudah beranjak dewasa ini juga dianggap sebagai pendeta yang memberi inspirasi lantaran menjadikan Gereja Santo Martin sebagai tempat berlindung para tunawisma. Ia juga berhasil mendapat dana 36 juta pound sterling untuk memperbaiki gereja itu.

“Saya merasa terhormat diminta menjadi Uskup Salisbury,” kata Holtham dalam pernyataan tertulis. Ia menyatakan akan berupaya menarik orang-orang untuk dekat kepada Tuhan dan mengakui Dia.

Kelompok penentang mengkritik pengangkatan Holtam sebagai uskup. Bahkan ada yang menyamakan itu dengan penunjukkan seorang homoseksual sebagai uskup.

Uskup kosnservatif dan liberal terbelah soal masalah Holtam. Isu ini menjadi gunjingan sejak Holtam dipilih sebagai uskup awal tahun ini.

source