Saturday, May 14, 2011

Siap-Siap Akun Blogger Ditutup 25 Juni 2011



Blogger adalah salah satu dari produk pertama Google yang terakusisi. Namun hingga saat ini proses integrasi blogger ke Account Google belum selesai.

Pada awalnya, Blogger menggunakan sistem akun sendiri sampai tahun 2006 dan baru mulai bermigrasi ke akun google di tahun 2007. Empat tahun kemudian hal tersebut masih belum selesai dilakukan seutuhnya. Oleh karena itu, Blogger akan menghentikan dukungan untuk account lama yang didirikan sebelum tahun 2007.

Tidak hanya akun yang akan berhenti bekerja, tetapi blog yang terkait dengan mereka akan dihapus jika tidak pindah ke sistem baru sebelum 25 Juni 2011.
"For a number of technical and operational reasons, we’ve decided to finally end our support for all legacy accounts and blogs after June 25th, 2011," Blogger announced.
Seperti dilansir situs Softpedia, memang benar akan dilakukan penutupan terhadap layanan Blogger pada bulan Juni mendatang. Tapi tenang dulu. Layanan Blogger yang ditutup tersebut bukanlah secara menyeluruh, melainkan akun Blogger lama yang mendaftar sebelum tahun 2007 dan sampai sekarang belum mengintegrasikan akun Blogger mereka dengan akun Google.

Sebelum Blogger diakuisisi Google, layanan tersebut memang menggunakan sistem akun sendiri sampai tahun 2006. Setelah proses akuisisi dilakukan, baru akun baru mulai diberlakukan dan pengguna diminta melakukan migrasi pada tahun 2007.
Tautan
Selama empat tahun itu ternyata integrasi tidak dilakukan secara otomatis sehingga pada akhirnya Blogger memutuskan akan segera menghapus dukungan bagi akun pengguna lama. Tidak hanya akan lama yang berhenti bekerja, tetapi blog yang terkait dengan pengguna lamanya pun tentu juga akan segera dihapus jika penggunanya tidak segera bermigrasi ke sistem yang baru pada 25 Juni 2011.

Sebelumnya, Google juga menghadapi masalah yang sama di YouTube dan telah mengeluarkan peringatan serupa baru-baru ini. Mereka meminta para penggunanya untuk memiliki akun Google terlebih dahulu.

Menurut informasi yang beredar, sebelum proses penutupan akun lama Blogger dilakukan, akan ada keterangan lebih lanjut sebelum 25 Juni 2011.

Jadi jika Anda memiliki akun Blogger dan tidak mengintergrasikan ke google sejak 2007, Anda akan kehilangan akses ke account dan isi yang berhubungan dengan account tersebut secara permanen kecuali jika Anda memperbarui ke sistem Account Google sebelum 25 Juni 2011.

source